Rabu, 08 Agustus 2012

Agur bin Yake: Amsal-Amsal Menarik

Amsal 30: Perkataan Agur bin Yake dari Masa. 

Semua firman Allah adalah murni. Ia adalah perisai bagi orang-orang yang berlindung padaNya. Jangan menambahi firmanNya, supaya engkau tidak ditegurNya dan dianggap pendusta (ayat 5-6).

Dua hal aku mohon kepadaMu, jangan itu Kau tolak sebelum aku mati, yakni: Jauhkanlah dari padaku kecurangan dan kebohongan. Jangan berikan kepadaku kemiskinan atau kekayaan. Biarkanlah aku menikmati makanan yang menjadi bagianku. Supaya, kalau aku kenyang aku tidak menyangkalMu dan berkata Siapa TUHAN itu? Atau, kalau aku miskin, aku mencuri dan mencemarkan nama Allahku (ayat 7-9).

Si lintah mempunyai dua anak perempuan: "untukku!" dan "untukku". Ada tiga hal yang tak akan kenyang, ada empat hal yang atak pernah berkata: "cukup!". Dunia orang mati, dan rahim yang mandul, dan bumi yang tidak pernah puas dengan air dan api yang tidak pernah berkata "cukup!". (ayat 15-16).

Mata yang mengolok-olok ayah dan enggan mendengarkan ibu akan dipatuk gagak lembah dan dimakan anak rajawali (ayat 17).

Ada tiga hal yang mengherankan aku, bahkan ada empat hal yang tak kumengerti: jalan rajawali di udara, jalan ular di atas cadas, jalan kapal di tengah-tengah laut dan jalan seorang laki-laki dengan seorang gadis.